kategori , ,

Ulasan Rujak Kuah Pindang: Amis atau Tidak?

Rujak menjadi salah satu makan tradisional di Indonesia, mulai dari rujak cingur, rujak buah, rujak bebeg dan rujak juhi yang semuanya berasal dari Jawa. Tahukah Anda, bahwa di Bali juga punya jenis olahan rujak, yaitu Rujak Kuah Pindang. Tidak hanya bebek betutu atau sate lilit saja yang menjadi ciri khas kuliner di Pulau Dewata, rujak kuah pindang juga turut masuk jajaran wisata kuliner di Bali yang wajib Anda coba.

Jika pada umumnya rujak dilengkapi dengan bumbu kacang dan kecap, lain halnya rujak di Bali yang dibumbui dengan kuah ikan pindang. Dari namanya saja, mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk mencoba jenis makanan khas Bali ini. Tentu saja karena kuahnya berasal dari rebusan ikan, kita akan berpikir bahwa kuahnya sangat amis dan bau ikan. Penasaran bagaimana cita rasa dan kelezatan rujak kuah pindang dari Bali? Simak ulasan rujak kuah pindang berikut ini.

Tertarik dengan Varian Rujak Dari Bali? Ini Review Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Disini Kami akan membahas ulasan rujak kuah pindang. Jika Anda penasaran bagaimana rasa dari rujak kuah pindang khas Bali dan ragu untuk mencobanya karena khawatir akan bau amis, jawabannya adalah tidak amis sama sekali. Memang benar jika jenis rujak ini menggunakan bumbu kuah dari hasil rebusan ikan pindang, namun karena diolah sedemikian rupa dengan resep rempah-rempah yang pas membuat rujak kuah pindang tidak bau amis dan sangat lezat untuk dinikmati.

Kuah pada rujak Bali ini dibuat dengan merebus ikan pindang atau jenis sardine yang akan dicampur dengan gula merah, cabai dan terasi. Kuah juga dilengkapi dengan bumbu rempah seperti daun salam, serai dan jahe yang dapat menghilangkan bau amis dari ikan pindang. Untuk variasi menunya sendiri lengkap dengan nanas, timun, papaya muda, mangga muda, kedondong dan bengkoang yang dipotong-potong. Kombinasi rasa segar dari buah yang bercampur dengan gurih dan pedasnya kuah rujak membuat olahan rujak Bali ini sangat pas di lidah. Jika cuaca sedang panas, Anda bisa menambahkan potongan es batu pada rujak kuah pindang agar lebih nikmat dirasakan.

Rujak kuah pindang hanya ada di Bali. Namun hanya beberapa daerah saja Anda bisa menemukan olahan ini, terutama paling banyak di wilayah Denpasar. Masyarakat disana lebih sering menyebut rujak gelogor ketimbang rujak kuah pindang. Harga jualnya masih sangat terjangkau yakni sekitar Rp 6.000 – Rp 10.000 saja perporsinya. Tentu saja tarif harga tergantung dari restonya masing-masing dan kelengkapan buahnya.

Jika Anda ingin mencoba membuat sendiri rujak kuah pindang, sebenarnya caranya cukup mudah. Pertama-tama, siapkan dan potongbuah-buahan yang ingin Anda gunakan sebagai pelengkap untuk membuat rujak kuah pindang. Beberapa orang lebih menyukai hanya menggunakan mangga muda saja, tentu saja ini tergantu selera. Kemudian rebus ikan pindang secukupnya dan dibumbui dengan terasi, gula merah, cabe (sesuai selera), sedikit garam dan sereh. Tunggu hingga kuah mendidih, setelah itu dituangkan dalam buah-buahan yang sudah dipotong. Cukup mudah bukan? Anda tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali untuk menikmati hidangan lezat ini. Namun untuk persoalan cita rasa, sudah pasti rujak kuah pindang khas dan asli Bali lebih nikmat.

Bagaimana menurut Anda tentang ulasan rujak kuah pindang diatas? Sudah tertarikkah untuk mencoba kuliner khas Bali yang ini? Jika Anda berkunjung ke Bali, tidak ada salahnya mencoba jajanan satu ini.

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Bali bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Srombotan, Salah Satu Makanan Tradisional Khas Bali Yang Populer

Rahasia di Balik Kelezatan Bebek Betutu Bali