kategori

Tipat Kuah Bali, Santapan Nikmat di Kala Lapar Melanda

Tipat merupakan bahasa Bali yang artinya ketupat. Tipat kuah merupakan salah satu makanan khas Bali yang bisa kita jumpai kapanpun dan dimanapun, beda halnya ketika di Jawa dimana ketupat hanya ada pada waktu lebaran ketupat (sebelum dan sesudah lebaran). Tipat kuah Bali menjadi makanan wajib yang harus dicicipi saat berkunjung ke Pulau Dewata ini. Selain bumbunya Bali yang khas, makanan ini bisa jadi pelipur rindu terhadap ketupat.

Tipat Kuah Bali, Ketupat Sayur Khas Bali

Bagi orang awam yang belum pernah makan tipat kuah Bali pasti mengira bahwa makanan ini mirip dengan ketupat sayur yang ada di Jawa. Namun, semua itu salah total karena dari segi bumbu, sayur yang digunakan maupun tampilan keduanya memiliki perbedaan. Persamaan kedua makanan tersebut hanya menggunakan ketupat dan kuah.

Makanan khas Bali ini terdiri dari tipat yang dipotong secara diagonal dan diatasnya diberi beberapa macam sayuran serta disiram dengan kuah hangat yang nikmat. Sayuran yang digunakan biasanya taoge, lawar nangka, kacang panjang dan sayur urap. Sebagian orang mungkin berfikir bahwa urap tidak sesuai dengan makanan berkuah, tapi pada tipat kuah ini sayuran tersebut akan menjadi pelengkap yang mantap. Untuk kuahnya sendiri tentu saja dimasak dengan menggunakan bumbu khas masyarakat Bali yang terasa rempahnya dan segar berwarna sedikit kekuningan. Kuah tipat juga disajikan dengan cita rasa pedas yang nampol dari sambel goreng dari campuran cabe dan bawang.

Selain tipat, sayur dan kuahnya yang khas, tipat kuah dari pulau paling populer di Indonesia ini juga dilengkapi dengan taburan kacang goreng di atasnya. Kacang goreng yang kriuk ini menjadi ciri khas makanan Bali pada umumnya. Selain itu, Anda juga bisa memadukan sayur tipat ini dengan ayam suwir, telur, sate jeroan atau sate lilit khas Bali.

Tipat sayur Bali menjadi pilihan menu makan yang paling enak disantap saat hujan. Ditengah gemercik suara hujan, kuah tipat ini akan menghangatkan tenggorokan maupun tubuh Anda. Meskipun penjual kuah tipat di Bali tidak semarak penjaja nasi jinggo yang bisa ditemui dimanapun, tapi mencari warung dengan menu tipat kuah di dalamnya juga tidak terlalu sulit kok. Jika sedang singgah di denpasar, Anda wajib mencoba tipat kuah Bali di Warung Rujak Bali Jebak . Warung ini terletak di Jalan Teuku Umar No.212, Denpasar. Tipat kuah di warung ini terkenal enak di Bali. Bahkan, tak sedikit juga para wisatawan asing yaang mampir ke warung ini hanya untuk merasakan segarnya makan tipat kuah.

Selain Warung Rujak Bali Jebak, tempat makan tipat kuah yang cukup populer di Denpasar yaitu di Pusat Hidangan Tiara Dewata. Namun, karena lokasinya yang berada diarea pusat perbelanjaan, warung tipat kuah disini hanya buka sampai jam 4 sore. Nah, kalau Anda adalah penikmat makanan pedas, nggak ada salahnya untuk mencoba tipat kuah di beberapa cabang Rujak Bali yang ada di Denpasar maupun Kuta area atau bisa juga pesan antar melalui nomor telpon 08123600950.

Tipat kuah Bali dijual dengan harga yang terjangkau, jadi pengunjung nggak perlu takut dompernya akan terkuras. Dengan uang sekitar Rp 10.000,-, makanan khas Bali ini sudah bisa dinikmati dan tentunya bikin perut kenyang. Harga tipat kuah bisa lebih dari itu jika Anda memesan terlalu banyak lauk di dalamnya.

Nah, itulah tadi review lengkap seputar tipat kuah Bali, makanan khas Bali yang bisa jadi obat kangen pada ketupat. Sebaiknya mencicipi tipat kuah ini saat perut terasa lapar agar rasanya lebih mantap.

Rencanakan liburan Anda ke Bali bersama keluarga, teman maupun relasi dengan Rizki Bali Tour.

Rizki Bali Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) serta Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga maupun Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Bali Tour & Travel.

Berikan poin Anda

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengintip Kelezatan Kombinasi Rumput Laut dan Kuah Pindang Dalam Semangkuk Rujak Bulung

Warung Bumbu Pawon, Pengobat Rindu Kuliner Khas Banyuwangi di Denpasar – Bali