kategori

Srombotan, Salah Satu Makanan Tradisional Khas Bali Yang Populer

Bali merupakan surga wisata Indonesia yang kental dengan beragam budaya adatnya yang selalu menjadi tradisi sampai saat ini. Tidak hanya keindahan budayanya yang menjadi incaran para wisatawan, makanan tradisional Bali juga menjadi hal wajib yang harus dinikmati saat berlabuh di Pulau Dewata. Makanan khas masyarakat Bali identik dengan bumbu rempah yang nendang dengan cita rasa oriental dan pedas. Buat Anda yang penasaran, yuk simak ulasan singkat terkait makanan tradisional khas Bali yang paling banyak dicari berikut ini.

Makanan Tradisional Khas Bali: Srombotan

Ketika ditanya terkait makanan khas masyarakat Bali, banyak orang akan menjawab dengan ayam betutu atau bebek betutu yang merupakan ciri khas dari kota seribu budaya tersebut. Padahal, selain ayam betutu, terdapat satu makanan tradisional yang selalu menjadi hidangan utama dan favorit pengunjung warung makan maupun restoran di Bali yaitu srombotan, sayuran menyehatkan khas Bali. Sayuran ini juga biasanya disajikan sebagai pelengkap saat menyantap ayam atau bebek betutu dan sate lilit Bali. Sayuran ini mirip dengan urap-urap, namun sayur yang digunakan lebih beraneka ragam dengan bumbu yang lebih kuat. Banyak orang yang menyebut srombotan sebagai gado-gado ala Bali.

Srombotan merupakan sayuran khas dari daerah Klungkung, Bali sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama srombotan klungkung. Kuliner sayuran Bali tersebut terdiri atas kangkung, kecipir muda, bayam, terong bulat yang diiris tipis, tauge, kubis, pare dan kacang panjang yang direbus setengah matang. Selain itu, juga terdapat rebusan kacang merah dan kacang kedelai sebagai pelengkap sayuran. Semua sayuran tersebut diurap dengan sambal kelapa khas bali yang disebut dengan bumbu kalas. Bumbu kalas tersebut terdiri atas parutan kelapa, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit yang telah ditumbuk, lengkuas, kencur dan beberapa cabe rawit. Cara memasak bumbu kalas yaitu dengan menyangrai semua bahan sampai matang dan sedikit mengental. Selain bumbu kalas, di atas sayuran juga ditaburi kacang tanah yang telah digoreng.

Selain menggunakan kelapa parut, beberapa rumah makan juga menggunakan santan yang dimasak dengan bumbu kalas sampai sedikit mengental. Biasanya, jika menggunakan santan, taburan kacang diganti dengan sambal kacang. Sambal kacang terbuat dari kacang tanah goreng, cabai rawit, terasi, garam dan sedikit kecap yang ditumbuk halus dan diberi sedikit perasan jeruk limau. Makanan tradisional khas Bali srombotan akan sangat mantap jika dimakan dengan menggunakan nasi oran sale yaitu nasi yang dicampur dengan ubi jalar.

Untuk menikmati sayuran khas kota dengan mayoritas masyarakatnya beragama Hindu ini sebaiknya berkunjung langsung ke daerah Klungkung yang merupakan daerah asal dan pelopor srombotan klungkung. Klungkung terletak di wilayah Bali bagian timur. Perpaduaan sayur dengan bumbu kalasan yang dinikmati dengan menggunakan nasi hangat ini akan menghadirkan cita rasa yang nampol di lidah. Selain itu, bumbu dapur yang digunakan akan sangat terasa pada setiap gigitannya. Makanan khas Bali ini bisa dinikmati dengan harga yang super hemat yaitu hanya sekitar Rp 5000,- sampai Rp 8000,- saja perporsi sudah bisa menikmati aneka pilihan sayur yang menyehatkan tersebut.

Jika Anda tidak menyukai beberapa sayuran yang digunakan pada srombotan, dapat juga diganti dengan jenis sayur lainnya sesuai selera. Semoga informasi terkait salah satu makanan tradisional khas Bali yang populer diatas bermanfaat dan pastikan untuk mencicipinya jika berlibur ke Pulau Dewata Bali.

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Bali bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasi Jinggo, Kuliner Bali yang Murah dan Enak

Ulasan Rujak Kuah Pindang: Amis atau Tidak?