kategori

Selain Ayam Taliwang, Lombok Juga Punya Ayam Rarang sebagai Kuliner Khasnya

Berbicara tentang kuliner khas di Lombok, mungkin yang terbesit pertama kali di benak Anda adalah Ayam Taliwang. Namun, tahukah Anda bahwa Lombok juga punya menu Ayam Rarang yang juga menjadi salah satu kuliner khas di pulau yang indah ini. Sama-sama berupa olahan dari daging ayam kampung, namun ayam rarang memiliki tampilan yang dilumuri dengan cabai rawit dan keriting. Sehingga sekilas mirip dengan ayam balado dengan cita rasa yang pedas.

Jika Anda berkunjung ke Lombok, mudah sekali menemukan kuliner khas satu ini yang dijual dengan harga kisaran mulai dari Rp 32.000 untuk satu porsinya. Kuliner ini lebih banyak ditemukan di kawasan Lombok Timur dan bisa juga dinikmati di daerah Mataram. Salah satu resto ayam rarang yang paling terkenal adalah yang terletak di Jalan Langgko, Kota Mataram yang lokasinya berada persis di pinggiran aliran sungai Jangkuk.

Rahasia Resep Olahan Ayam Rarang yang Buat Lidah Anda Ketagihan

Ayam rarang sebagai salah satu ikon kulinernya Lombok, tidak terlepas dari resep pengolahannya yang membuat cita rasa ayam rarang tidak terlupakan. Bisa dibilang resep untuk memasak ayam rarang sangat turun temurun. Masakan dengan bahan dasar daging ayam ini tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Lombok atau Mataram.

Namun, jika Anda ingin mencoba mengolahnya sendiri dirumah, beberapa bahan yang harus disiapkan meliputi 1 ekor ayam kampung muda dengan berat 750 g, perasan jeruk nipis, cabai merah dan cabai rawit merah (sesuai selera pedasnya masing-masing), 6 bawang putih, 1 sdt terasi bakar, kemiri, garam dan gula pasir secukupnya. Memang bumbu-bumbu yang digunakan pun mirip dengan olahan ayam balado, bedanya terletak di penggunaan terasi dan tidak menggunakan tomat.

Cara memasaknya cukup mudah, pertama benggangkan dada ayam dan ditusuk dengan tusukan besi. Disarankan untuk menggunakan tusuk besi karena lebih kuat daripada bambu. Lanjutkan dengan membakar ayam di atas bara api sedang hingga tiga perempat matang. Kemudian ungkep ayam bersama bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dengan api kecil dalam 15 – 20 menit. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit minyak dan air perasan jeruk. Jika dirasa cukup, bakar lagi ayam dengan bara api sedang dan sesekali diolesi dengan bumbu hingga matang sempurna. Ayam rarang siap disajikan bersama pelengkapnya. Anda bisa menggunakan cah kangkung atau plecing kangkung sebagai pelengkapnya.

Ayam rarang yang Anda dapatkan dari resto-resto di Lombok umumnya akan disajikan bersama kacang kedelai yang digoreng, sayur bening dan ati ampela goreng. Balutan cabe rawitnya akan membuat rongga mulut Anda seakan terbakar, namun dengan adanya nasi bisa menjadi penetralisir. Dari segi rasanya sendiri, selain pedas ayam rarang juga terasa gurih dengan aroma kemiri yang khas. Yang menambah kenikmatan dari olahan masakan ayam rarang adalah dagingnya yang kenyal dan harum kayu bakar karena memang menggunakan ayam yang masih muda. Mungkin ini yang menjadi salah satu perbedaannya dengan ayam taliwang.

Fyi, resto-resto ayam rarang umumnya masih mengolah masakan ini dengan cara tradisional untuk mempertahankan cita rasa khasnya yakni masih menggunakan kayu bakar. Buat kalian yang penasaran gimana rasanya bisa menyempatkan mencicipi kuliner khas ini saat berkunjung ke Lombok atau mencoba membuatnya sendiri dirumah. Namun, tentu saja rasanya akan berbeda dibandingkan Anda langsung mencicipinya dari resto ayam rarang di Lombok.

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Lombok bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rahasia Kelezatan Kuliner Khas Lombok, Ayam Taliwang

Nasi Balap Puyung, Kuliner Khas Lombok Tengah yang Wajib Dicicipi