kategori

Sate Rembiga, Kuliner Khas dari Nusa Tenggara Barat yang Lezatnya Bikin Ketagihan!

Siapa sih yang nga doyan sate?!.. Hampir semua orang di Indonesia suka dengan salah satu makanan tradisional ini. Kalau di Indonesia sendiri ada banyak macam sate yang cukup populer. Sebut saja sate Madura, sate Padang, sate Maranggi, sate lilit Bali dan masih banyak lagi. Di Nusa Tenggara Barat (NTB) sendiri ada satu hidangan sate yang sangat digandrungi oleh masyarakat setempat, yaitu sate Rembiga. Kenapa dinamakan sate Rembiga?!.. Karena pada awalnya sate ini dijual disepanjang jalan desa Rembiga, Mataram, Lombok. Tapi, sekarang ini sudah banyak juga restoran atau warung makan dipulau Jawa dan Bali yang menyediakan sate Rembiga.

Nah,soal kualitas dagingnya tidak usah khawatir. Sate Rembiga asli dari Nusa Tenggara Barat dibuat dengan menggunakan daging sapi asli dari provinsi tersebut. Seperti yang kita ketahui, kualitas daging sapi dari NTB sudah terbukti memiliki kualitas yang sangat bagus karena rendah lemak dan kaya akan omega. Maka dari itu NTB juga dikenal dengan julukan “Bumi Sejuta Sapi” karena memang sudah terkenal menghasilkan daging dengan tekstur yang super empuk dan gurih.

Selain dari kualitas dagingnya, sate rembiga juga terkenal akan bumbunya yang khas. Perpaduan antara rasa manis, gurih, pedas, dan beraroma rempah menjadi cita rasa yang mampu menggugah selera makan Anda!

 

Berikut Bahan-bahan untuk Sate Rembiga :

  • Daging sapi (pilih daging sapi yang sedikit berlemak agar lebih gurih)
  • Kecap manis
  • Cabe merah kering
  • Cabe rawit
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Terasi Lombok
  • Garam
  • Gula merah

Cara Mengolah Sate Rembiga

Mengolah sate rembiga harus dilakukan dengan teknik yang mumpuni, butuh waktu minimal 2 jam. Sebelum dimasak, daging sapi terlebih dulu ditumbuk hingga halus. Kemudian daging tersebut di rendam dalam bumbur empah yang telah dihaluskan yang terdiri dari cabai merah, kemiri, terasi Lombok, bawang putih, garam, dan gula merah. Dibutuhkan waktu cukup lama untuk merendam daging sapi tersebut agar bumbu dapat meresap dengan baik. Setelah itu, daging sate ditusuk dan dibakar. Kemudian terakhir bisa disajikan dengan tambahan kecap manis. Namun, sebenarnya tanpa kecap manis atau sambal tambahan lainnya, hanya dengan memakan sate Rembiga sendiri saja sudah pasti membuat Anda ketagihan. Disitulah letak keunikannya. Tekstur daging sapi yang lembut dan beraroma bumbu rempah yang kuat sudah pasti bisa menggoyang lidah.

Meskipun bahan dan cara mengolahnya tidak gampang dan butuh kesabaran, sate Rembiga yang dihasilkan akan memiliki rasa yang benar-benar khas. Biasanya sate Rembiga disajikan bersama nasi atau lontong Bulayak, yaitu lontong khas Lombok yang menyerupai ketupat hanya saja bentuknya bulat memanjang. Soal harga, tenang saja tidak akan menguras kantong Anda, harganya cukup terjangkau mulai Rp 20.000 – Rp 30.000 per porsi dengan 10 tusuk sate tergantung dimana anda menikmatinya. Cukup murah, bukan? Jadi, tunggu apalagi. Kalau Anda sedang berkunjung ke Lombok, pastikan Anda tidak melewatkan kuliner satu ini ya..

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Lombok bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasi Balap Puyung, Kuliner Khas Lombok Tengah yang Wajib Dicicipi

Lia Catering Service, Pilihan Catering Murah dan Halal di Bali