kategori

Rahasia Kelezatan Kuliner Khas Lombok, Ayam Taliwang

Kelezatan ayam taliwang yang menjadi kuliner khas Lombok memang tidak bisa dibantah lagi. Olahan makanan dari Suku Sasak ini berupa ayam yang diramu dengan bumbu-bumbu dengan cita rasa yang sangat kuat. Untuk penyajiannya sendiri, dalam seporsi ayam taliwang sudah dilengkapi dengan plecing kangkung (ca kankung) dan beberuk terong. Ayam taliwang sendiri bukan merupakan makanan khas yang baru di Lombok, jenis makanan ini sudah erat kaitannya dengan sejarah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat sejak jaman kerajaan. Apasih yang menjadikan ayam taliwang menjadi masakan legendaris yang wajib dicoba pada saat anda berkunjung ke Lombok?.. Yuk, simak ulasan lengkapnya tentang ayam taliwang dan rahasia-rahasia dibalik pembuatannya.

Sejarah Singkat Ayam Taliwang sebagai Kuliner Khas Lombok

Ayam taliwang muncul pertama kali di Lombok yakni sejak terjadi perang Kerajaan Karangasem Bali dengan Kerajaan Selaparang. Pada masa itu, Kerajaan Taliwang didatangkan untuk membantu Kerajaan Selaparang. Kerajaan Taliwang ini datang dengan berbagai misi dengan salah satu prajuritnya ditugaskan untuk menjadi juru masak. Juru masak tersebut menglolah bahan makanan untuk menjadi santapan para pemimpin dan prajurit dari Kerajaan Taliwang.

Olahan ayam pada saat itu masih menjadi sajian yang istimewa pada di masa perang. Seiring berjalannya waktu, untuk memenuhi kebutuhan Suku Sasak, olahan ayam mengalami pembaruan menjadi ayam pelalah yang dimasak pedas. Ayam pelalah inilah yang jadi cikal bakal munculnya ayam taliwang. Ketenaran ayam taliwang mulai berkembang pada tahun 1960-an.

Resep Turun Temurun Ayam Taliwang

Kelezatan dan kenikmatan ayam taliwang tidak terlepas dari bahan-bahan pembuatnya. Bisa dibilang, resep masakan ini masih turun temurun yakni dengan menyediakan bahan baku utama berupa 1 ekor ayam kampung. Ayam taliwang yang masih tradisional memang disajikan secara utuh satu ekor ayam. Bahan-bahan lain yang diperlukan meliputi perasan jeruk nipis untuk menghilangkan amis, bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, cabai merah keriting, gula merah dan garam secukupnya.

Cara membuat ayam taliwang sebenarnya cukup mudah dan bisa dipraktekan sendiri dirumah. Pertama, belah bagian dada ayam dan kemudian direnggangkan. Masukan tusukan besi di tengah-tengah renggangan tersebut. Tusuk besi lebih disarankan karena lebih kuat daripada tusuk kayu untuk membakar satu ekor ayam utuh. Selanjutnya lumuri ayam dengan perasan air jeruk nipis dan garam secukupnya aja. Diamkan selama 20 menit. Jika dirasa cukup, lumuri kembali ayam dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Jika ingin meresap sempurna, diamkan ayam dengan balutan bumbu halus dalam beberapa menit, tidak langsung dimasak.

Ayam taliwang dimasak dengan cara ditumis dan dibakar. Penumisan ayam dengan bumbu halus bertujuan agar ayam sudah setengah matang dan tidak pahit saat dibakar. Jika sudah ditumis dengan sedikit air, bisa langsung dibakar saja pada api sedang. Pastikan semua bagian ayam terbakar dengan api dan sesekali diolesi dengan bumbu halus. Bolak balik ayam hingga dirasa sudah rata dan matang sempurna. Ayam taliwang bisa disajikan bersama kankung dan lalapan atau sayur lainnya sesuai selera Anda. Namun biasanya ayam taliwang di resto-resto menyajikannya bersama kankung dan terong.

Itulah ulasan seputar ayam taliwang yang menjadi kuliner khas Lombok yang sudah ada sejak jaman kerajaan. Penasaran gimana citara rasa kelezatannya? Bagi yang belum pernah mencoba, silahkan dicoba atau mau memasak sendiri. Dijamin, olahan ini bakal bikin keluarga ketagihan.

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Lombok bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Getuk Lindri, Makanan Tradisional Jawa yang Hampir Punah

Selain Ayam Taliwang, Lombok Juga Punya Ayam Rarang sebagai Kuliner Khasnya