kategori

Rahasia di Balik Kelezatan Bebek Betutu Bali

Sudah pernah mencicipi kelezatan olahan betutu di Bali? Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung atau berlibur di Pulau Bali namun tak menyempatkan menyantap masakan khas Bali yaitu Bebek Betutu. Betutu memang menjadi ciri khas wisata kuliner di Bali. Bahkan hingga saat ini, olahan betutu masih dijadikan hidangan sajian di upacara keagamaan dan upacara adat di Pulau  Dewata ini.

Kebanyakan review dari bebek betutu Bali mengatakan bahwa kelezatan olahan betutu terletak dari bumbu rempah-rempah yang digunakan. Dahulunya bebek atau ayam betutu masih dibuat dengan cara tradisional, yakni dengan membungkus daging dengan daun pisang dan pelepah pinang hingga rapat. Daging yang sudah dibungkus, kemudian ditanam di lubang dalam tanah dan ditutup dengan bara api menyala selama kurang lebih 7 jam hingga matang dan empuk. Namun saat ini sudah tidak banyak yang mengolah bebek atau ayam betutu dengan cara tradisional. Di resto-resto yang menjual olahan betutu biasanya mereka memasak daging dengan cara dipanggang dan diungkep dengan bumbu rempah-rempah seperti sereh, jahe, laos, kunyit, terasi, bawang merah, bawang putih, cabe, gula dan garam. Sehingga tak heran bebek betutu Bali menawarkan cita rasa yang khas.

Review Bebek Betutu Bali dan Sajian Lengkapnya

Bebek betutu memang dikenal sebagai masakan yang pedasnya sangat “nampol”. Bahkan rasa pedas pada olahan betutu tidak seperti masakan-masakan pada umumnya dan terbilang unik. Saat pertama kali kuah betutu menyapa lidah Anda, mungkin yang terasa hanya rempah-rempahnya saja yang memang sangat kuat. Namun dalam beberapa detik kemudian, sensasi pedas seakan membakar seisi rongga mulut Anda.

Eits, bagi Anda yang tidak suka makan pedas, tidak perlu khawatir. Karena bebek betutu memiliki dua varian dalam penyajiannya yaitu sajian betutu kuah pedas dan sajian betutu kering dengan sambal matah terpisah. Namun sajian kuah pedas menjadi favorit wisatawan karena kelezatan kuah kuningnya yang tidak mudah dilupakan. Selain itu juga karena bumbunya yang lebih menyerap pada betutu kuah pedas dibanding hanya digoreng saja.

Bebek betutu Bali umumya disajikan bersama sate lilit. Jenis sate ini juga cukup khas di jajaran wisata kuliner di Bali. Pelengkap lainnya adalah daun gundo. Tak banyak yang tahu tentang jenis dedaunan ini karena memang banyak resto bebek betutu Bali yang mengganti daun gonde dengan kangkung. Hal ini karena untuk mendapatkan daun gundo harus diambil langsung ke daerah Tabanan yang dikenal dengan sebutan Lumbung Padinya bali karena luasnya lahan persawahan yang masih tersedia yang menjadi lahan tumbuhnya pohon gundo tersebut serta rawan kehabisan stok daun gundo apabila musim panen tiba. Padahal daun gundo ini rasanya sangat nikmat dengan sedikit sentuhan pahit dan  menjadi pelengkap paling pas untuk bebek betutu. Pelengkap lainnya, bebek betutu juga disajikan bersama kacang tanah yang digoreng dan sambal matah.

Jika Anda berlibur ke Bali dan ingin mencicipi kelezatan bebek betutu, tidak sulit untuk menemukan resto-resto yang menjual olahan betutu. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau yaitu untuk jenis ayam betutu ½ ekor rata-rata dijual Rp 50.000 – Rp 60.000, sedangkan untuk bebek betutu ½ ekor rata-rata dijual Rp 70.000 – Rp 80.000.

Dari review dari bebek betutu Bali diatas, apakah Anda tertarik untuk menjajal makanan khas Bali ini? Menurut beberapa penikmat bebek betutu, daging bebek dalam olahan betutu dinilai lebih gurih dan enak daripada ayam betutu. Meskipun begitu, jajanan khas Bali ini tidak boleh Anda lewatkan jika berkesempatan mengunjungi Pulau ini.

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Bali bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ulasan Rujak Kuah Pindang: Amis atau Tidak?

Sate Lilit Khas Bali, Salah Satu Varian Sate di Indonesia yang Patut Dicoba