kategori ,

Nikmatnya Sate Pusut yang Bakal Memanjakan Lidah Anda!

Dari dahulu sate menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Bagaimana, tidak?!.. Rasanya yang gurih dan manis menjadi ciri khas tersendiri bagi semua kalangan masyarakat pecinta jajanan kuliner sate. Mulai dari restoran hingga warung pinggir jalan, semuanya menyediakan hidangan satu ini. Pada umumnya sate yang sering kita temui dibuat dengan cara menusuk daging kemudian dibakar.

Namun berbeda dengan sate yang satu ini. Sate pusut namanya. Sate pusut adalah salah satu jajanan atau makanan khas dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sate ini dibuat dengan cara melilitkan daging sapi pada tusukan sate. Unik, bukan?!.. Tidak ketinggalan juga, bumbu khas yang meresap ke dalam daging mampu membuat Anda ketagihan. Mayarakat setempat biasa membuat sate pusut saat lebaran atau ketika ada acara hajatan tertentu. Menyajikan sate pusut ini juga sudah menjadi tradisi sejak dulu disetiap perayaan Hari Raya Idul Adha.

Berikut adalah bahan-bahan dan cara mengolah sate pusut.

  • Daging sapi giling, bisa juga daging ayam atau daging ikan
  • Parutan kelapa
  • Tusuk sate dengan ukuran diameter lebih tebal
  • Santan kental
  • garam
  • Daun jeruk diiris tipis
  • Minyak goring secukupnya
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Cabe rawit merah (tergantung selera)
  • Cabe merah besar yang sudah dibuang bijinya
  • Merica
  • ketumbar

Cara mengolah bumbunya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan megolah sate pada umumnya. Pertama giling daging yang akan diolah. Kemudian campurkan dengan dengan bumbu rempah yang sudah dihaluskan selama kira-kira 20 menit. Bumbu yang harus dihaluskan adalah bawang putih, bawang merah, cabe merah besar yang sudah dibuang bijinya, merica, ketumbar, garam, dan cabe rawit jika and suka pedas.

Kemudian giling lagi sampai tercampur rata. Setelah itu, daging dan bumbu yang tercampur ditambahkan parutan kelapa dan digiling lagi. Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit sampai daging berbentuk seperti adonan. Pastikan daging terasa kesat dan tidak lembek. Ambil adonan secukupnya lalu lilitkan pada tusuk sate dengan gerakan memutar kebawah seperti bentuk spiral. Nah, pada tahap ini dibutuhkan keahlian yang tidak sembarang. Jika daging tidak dililit dengan benar, maka akan mempengaruhi cita rasa dan daging yang dibakar tidak akan matang dengan merata. Sebelum dibakar atau dipanggang, daging dioles dengan santal kental agar bentuknya terlihat lebih halus, kemudian panggang dengan arang atau dengan kompor, hanya saja sate akan terasa lebih nikmat jika dipanggang dengan menggunakan arang.

Uniknya lagi, jika sate umumnya dipanggang, sate pusut juga bisa disajikan dengan cara digoreng. Caranya hampir sama, hanya saja saat semua proses pembuatan satenya sudah selesai, sate kemudian digoreng. Pertama tuang minyak goreng kedalam panci. Penting untuk menggunakan panci agar seluruh bagian sate bisa terendam minyak. Lalu panaskan minyak hingga mendidih. Masukkan sate kedalam panci. Tunggu sampai warna sate berubah menjadi coklat keemasan. Setelah matang, tiriskan sate hingga daging terasa kesat. Sebagai sentuhan terakhir, tambahkan daun jeruk agar sate beraroma harum.

Cukup mudah, bukan?!.. Tidak seribet seperti yang Anda bayangkan. Hanya saja yang menjadi perhatian adalah butuh keahlian dan pengalaman khusus untuk melilitkan daging pasa tusuk sate. Jadi, jika Anda berkunjung ke Lombok, jangan sampai Anda melewatkan untuk mencicipi lezatnya kuliner khas Lombok yang satu ini.

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Lombok bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sate Pencok, Jajanan Sate yang Unik Khas Lombok

Berkunjung ke Lombok, Jangan Lewatkan Menikmati Lezatnya Sate Bulayak