kategori , ,

Mengintip Kelezatan Kombinasi Rumput Laut dan Kuah Pindang Dalam Semangkuk Rujak Bulung

Bali bukan hanya kaya akan wisata alamnya saja, Pulau Dewata ini juga menawarkan banyak kuliner khas Bali, salah satunya rujak bulung. Rujak bulung diyakini memiliki cita rasa yang khas dibanding jenis rujak lainnya. Jika umumnya rujak menggunakan bahan baku berupa buah-buahan atau sayuran, rujak bulung justru memanfaatkan rumput laut sebagai bahan utamanya. Olahan rujak bulung ini sudah ada sejak lama, dan hingga saat ini masih sering diburu para wisatawan. Apalagi di Kota Denpasar, hampir semua resto khas Bali akan menawarkan menu rujak bulung ini. Penasaran bagaiamana cita rasa rujak bulung? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Resep dan Cara Membuat Rujak Bulung Khas Bali

Apasih yang membuat rujak bulung menjadi jajanan khas Bali yang wajib dicoba? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa jenis rujak ini menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya.

Bulung atau sejenis rumput laut yang masih segar memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain kaya akan serat, rumput laut segar juga mengandung klorofil tinggi untuk membantu mendetoks tubuh. Bulung oleh masyarakat Bali diolah menjadi rujak yang berbaur dengan kuah pindang. Meskipun menggunakan kuah pindang, jangan dikira rasanya akan amis. Justru rujak bulung ini sangat khas dengan cita rasa rempah-rempah.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat satu porsi rujak bulung meliputi 300 gram rumput laut segar atau orang Bali menyebutnya bulung buni, 1 sendok sayur kuah pindang dan air secukupnya. Rujak bulung disajikan bersama parutan kelapa yang dibumbui. Bumbu kelapa tersebut meliputi ¼ butir kelapa yang dibakar kemudian diparut, sedikit lengkuas, cabe rawit sesuai selera.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mengulek cabe rawit bersama sedikit terasi, garam dan kencur. Campurkan bumbu halus ini kedalam kuah pindang yang sudah disiapkan tadi dan aduk secara merata. Lanjutkan dengan menambahkan rumput laut dan kelapa parut kedalam campuran tersebut. Homogenkan menggunakan tangan agar tercampur sempurna. Kuah pindang juga bisa disiram belakangan setelah rumput laut sudah diuleni dengan parutan kelapa. Semangkuk rujak bulung siap untuk disajikan.  Karena tidak menggunakan komponen lain selain rumput laut, olahan ini juga sering disebut salad Bali.

Rujak bulung memiliki tekstur yang sedikit kenyal saat dikunyah, namun lebih cenderung empuk. Rumput lautnya memang tidak terlalu terasa karena tertutupi dengan rempah-rempah pada bumbu parutan kelapa dan kuah pindangnya.

Rasa harum dari parutan kelapa bakarlah yang membuat rujak bulung berbeda dengan jenis rujak lainnya. Rasa pedas dan gurih berpadu menciptakan kelezatan yang tidak bisa dilupakan.

Buat Anda yang sedang berlibur atau berkunjung ke Pulau Bali, sempatkan untuk mampir ke warung yang menjual rujak bulung ini. Harga seporsi rujak bulung sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 8.000 saja. Namun jika Anda membeli rujak bulung di resto-resto mewah, semangkuk rujak bulung bisa mencapai angka Rp 20.000 hingga Rp 30.000 untuk satu porsinya. Bagi Anda yang menyukai pedas, bisa request untuk menambah jumlah cabe rawitnya. Karena kenikmatan menyantap rujak bulung akan semakin terasa jika dibuat sangat pedas.

Demikian ulasan tentang rahasia kelezatan rujak rumput laut alias rujak bulung yang menjadi makanan khas Pulau Bali. Jangan lupa menyempatkan waktu untuk mencicipi jajanan tradsional ini saat di Bali.

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Bali bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengintip Kelezatan Tipat Cantok, “Gado-Gadonya” Pulau Bali