kategori ,

9 Kuliner ngeHits Khas Lombok yang Siap Menggoda Lidah Anda!

Siapa yang tidak kepincut liburan ke Lombok? Pulau yang menjadi destinasi populer selain Pulau Bali ini memang menyimpan keindahan alam yang tak boleh dilewatkan. Suatu kebanggan dan kebahagiaan tersendiri jika berkesempatan mengunjungi pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tidak cuma pantai-pantai dengan pasir putihnya yang indah dan patut dikunjungi, Anda juga wajib untuk mencicipi kuliner khas daerah saat berwisata ke Lombok. Nah, berikut ini 9 Kuliner ngeHits khas Lombok yang siap menggoda lidah Anda yang wajib banget dicoba saat berlibur ke pulau yang dikenal dengan sebutan pulau Seribu Masjid ini.

9 Kuliner Khas Lombok

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang menjadi kuliner khas Lombok yang paling populer. Tak heran jika penjaja ayam taliwang pun semakin mudah dijumpai di setiap sudut Pulau Lombok. Kuliner ini menyimpan sejarah panjang sebelum menjadi masakan tradisional di Lombok. Sesuai dengan namanya, masakan ini berupa olahan ayam (biasanya ayam kampung utuh) yang sangat lezat dengan cita rasa pedas. Lombok sendiri memang sering menyajikan makanan dengan sensasi pedas yang khas. Rasa pedas pada ayam taliwang dihasilkan dari bumbu cabe merah kering yang dihaluskan. Biasanya ayam taliwang disajikan bersama plencingan kankung (ca kankung). Kelezatan ayam taliwang dijamin bisa membuat lidah Anda ketagihan.

2. Ayam Rarang

Selain ayam taliwang, Lombok juga punya ayam rarang yang tak kalah populer akan kelezatannya. Buat Anda yang menyukai sensasi masakan pedas, ayam rarang ini patut dicoba karena memang dimasak 2 kali lebih pedas dibanding ayam taliwang. Ayam rarang merupakan masakan berupa olahan ayam yang digoreng kemudian dibalut dengan sambal cabe rawit pedas. Umumnya ayam rarang disajikan bersama kacang kedelai goreng, sayur bening dan ati-ampela goreng. Selain pedas, ayam rarang juga memiliki cita rasa gurih dan beraroma kemiri yang khas. Ayam rarang menggunakan ayam yang masih muda, sehingga daging ayam rarang cukup kenyal dan tidak alot.

3. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung merupakan kuliner khas Lombok yang berasal dari Kabupaten Lombok tengah. Konon penemu masakan nasi balap puyung pertama kali adalah Inaq Esun (Inaq=Ibu, dalam bahasa Lombok). Tidak terlalu istimewa jika dilihat dari segi tampilannya, karena nasi balap puyung hanya berupa nasi yang ditambah dengan suwiran daging ayam yang diolah bersama kacang kedelai, cabai, abon, taburan udang kering dan juga belut goreng. Namun jangan salah, nasi balap puyung juga masuk kategori kuliner khas Lombok yang paling banyak dicari pendatang karena cita rasa pedas bercampur bumbunya cukup membuat penasaran. Apalagi harganya yang cukup terjangkau, nasi balap puyung menjadi idola para backpacker yang ingin berhemat pengeluaran.

4. Nasi Kotaraja

Nasi kotaraja yang menjadi kuliner khas Lombok ini terkenal dengan sebutan “nasi sederhana namun kelezatannya juara”. Ciri khas dari hidangan nasi kotaraja adalah adanya “jangan rarit” dan “sambal sebie” sebagai pelengkapnnya. Jangan rarit sendiri merupakan olahan dari daging sapi yang dicampur dengan bumbu yang kemudian dijemur, digeprek lalu digoreng. Sedangkan sambal sebie merupakan sambal dari cabai rawit hijau yang sangat pedas. Kuliner ini lebih banyak dijumpai di dLombok Timur yang memang sudah ada sejak puluhan tahun. Warung makan miliki Hj. Sumiatun menjadi salah satu warung masi kotaraja yang sudah eksis sejak 25 tahun silam. Di pagi hari warung ini sangat ramai dengan pembeli.

5. Sate Rembiga

Sesuai namanya, kuliner khas Lombok satu ini memang berasal dari daerah Rembiga yang sudah ada sejak jaman kerajaan dulum. Sate rembiga dibuat dari olahan daging sapi yang katanya memiliki resep rahasia turun temurun. Sehingga sate rembiga yang Anda temukan di luar Lombok akan memiliki cita rasa yang berbeda daripada olahan yang asli dari Lombok. Kuliner khas ini juga lebih mudah Anda temukan di wilayah Rembiga dan Mataram dekat dengan bekas bandara komersil Selaparang Lombok. Seperti sate pada umumnya, sate rembiga juga disajikan bersama lontong. Kelezatan sate daging sapi yang empuk dengan bumbu rempah yang khas ini cukup membuat lidah Anda nagih.

6. Sate Bulayak

Berkunjung ke Lombok tak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi sate bulayak yang sangat lezat ini. Bukan dari satenya, justru kuliner ini lebih terkenal dari bulayaknya yang merupakan ketupat berbentuk panjang dan terbuat dari campuran santal kental bersama kemiri. Biasanya ketupat ini dibungkus dengan daun aren sehingga ketika menyentuh lidah Anda, bulayak terasa sangat gurih. Bumbu pada sate bulayak sendiri mengandung rempah-rempah khas Suku Sasak yang dibuat dari kacang tanah sangrai. Bumbu dihaluskan dan digoreng kemudian dimasak dengan santan kental hingga kari berwarna oranye.

7. Sate Pusut

Dilihat dari penampilannya, sate pusut mirip dengan sate lilit khas Bali. Bedanya, sate pusut dibuat dari ikan segar yang dililitkan pada tusuknya. Campuran ikan dan parutan kelapa cukup membuat sate ini terasa sangat gurih. Namun ada juga beberapa variasi dari sate pusut yang dibuat dari daging sapi dan daging ayam. Cita rasa dari sate pusut ini adalah pedas yang langsung berbaur di dalam daging tanpa adanya sambal. Sehingga cocok buat Anda yang menyukai makanan pedas. Sate pusut biasanya disajikan bersama lalapan yang sangat pas untuk menemani makan siang Anda.

8. Sate Pencok

Sate pencok sangat berbeda dengan sate sate pada umumnya. Sate pencok bukan terbuat dari daging, melainkan dari tepung kanji atau tepung sagu yang dibumbui dan bertekstur kenyal. Kuliner unik ini sangat enak dan lezat karena berbaur bersama bumbu rempah-rempah yang sangat gurih. Sate pencok disajikan bersama siraman kuah pelalah yang pedas dan nikmat. Dalam satu porsi sate pencok biasanya dilengkapi dengan bihun plencing dan lubis. Sangat pas digunakan sebagai camilan saat kumpul bersama keluarga atau teman-teman. Apalagi harga jualnya sangat terjangkau yakni hanya Rp 1000 untuk per tusuk sate pencok.

9. Bebalung

Kuliner khas Lombok yang ke-9 adalah bebalung. Bebalung merupakan olahan dari tulang iga yang dikombinasikan bersama racikan bumbu cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas dan sentuhan jahe. Sehingga bebalung ini memiliki cita rasa yang pedas sekaligus hangat. Pemasak bebalung biasanya akan menambahkan sedikit garam dan asam agar bebalung lebih tahan lama. Menurut sejarahnya, bebalung sudah dibuat sejak lama oleh masyarakat Suku Sasak dan disebut dengan nama ragi rajang. Bebalung sangat pas jika dinikmati dalam keadaan hangat atau baru matang. Biasanya bebalung disajikan bersama plencingan kangkung yang siap mengisi perut lapar Anda.

Itulah 9 kuliner khas Lombok yang wajib Anda coba saat berkunjung atau berwisata ke Pulau Lombok. Mana nih yang menurut Anda paling menggoda dan membuat lidah penasaran? Jangan sampai lewatkan yah… Semoga informasi ini bermanfaat.

Rencanakan dan percayakan liburan anda ke Lombok bersama Rizki Tour & Travel

Rizki Tour & Travel adalah penyedia jasa layanan wisata di Bali, Lombok dan Banyuwangi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidangnya. Melayani pesanan Voucher Hotel/Villa, Voucher Aktivitas Wisata, Jasa Transportasi (rental mobil) maupun Paket Tour (Honeymoon, Paket Tour Keluarga dan Family Gathering / Outing Kantor). Segera dapatkan penawaran harga, layanan terbaik serta pengalaman yang berkesan selama liburan bersama Rizki Tour & Travel.

Berikan poin Anda

6 points
Upvote Downvote

Total votes: 6

Upvotes: 6

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berkunjung ke Lombok, Jangan Lewatkan Menikmati Lezatnya Sate Bulayak

Bebek D’Ubud Restaurant, Rekomendasi Resto Pecinta Kuliner Bebek di Ubud